NO | MISI | TARGET | PROGRAM | KET |
1 | Menyusun standar kualitas (QA) Lulusan yang unggul terkait penguasaan ilmu-ilmu keislaman berbasis turats | Siswa khatam mempelajari kitab-kitab: | 1. Membuat lomba-lomba baca kitab kuning | |
| 2. Memperketat kedisiplinan siswa hadir di dalam kelas | |
| | |
Siswa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi Timur Tengah minimal 20% lulusan | 1. Sosialisasi dan Bimbingan Belajar Intensif Timur Tengah | |
| 3. Membuat Pola Guru Kelas Khusus | |
| 4. Penguatan Program Asrama Takhassus Kitab Kuning | |
| 5. Ulangan Harian Berbasis UTBK | |
| 6. Uji Kompetensi Skill Bersertifikat Keagamaan | |
| | |
Terjalinnya hubungan yang harmonis antara sekolah, alumni dan orang tua | 1. Mengadakan pengajian dengan orang tua siswa secara daring perangkatan | |
| 2. Mengadakan pengajian alumni perkontingen bersama guru-guru SMA Al-Muhajirin | |
| 3. Mengadakan Webinar bersama alumni dengan narasumber dari guru SMA Al-Muhajirin | |
| 4. Mengadakan Webinar bersama siswa dengan narasumber dari alumni | |
2 | Menyusun standar kualitas (QA) Lulusan yang unggul di bidang sains, sosial dan bahasa yang berorientasi integrasi ilmu | Siswa memiliki motivasi mempelajari Sains, Sosial dan bahasa yang tinggu sebagai perwujudan tadabbur ayat-ayat Allah | 1. Mengadakan pembinaan dan seminar rutinan setiap 2 bulan oleh guru-guru sekolah yang terpilih untuk memberikan motivasi dan semangat dalam belajar | |
Siswa hapal 2 juz al-Quran dan ayat-ayat Integrasi Ilmu sesuai jurusan dan Kitab Zaghlul al-Najar | 1. Tes Masuk Jurusan MIPA Progresif Berbasis Kemampuan Pemahaman Mapel Saintek | |
2. Mengadakan Kelas MIPA Progresif (Program Intensif) Berbasis Sains Dan Penelitian | |
3. Membuat Kartu Kendali Hafalan Ayat dan Hadist | |
4. Kokurikuler dan Bimbingan Belajar Intensif Mapel Sains Tiap Sore | |
5. Mengusulkan Beasiswa Pendidikan Kepada Santri Unggul SMA kepada Yayasan | |
| |
3 | Menyusun kurikulum terpadu antara kurikulum nasional dan kurikulum unggulan pesantren | siswa memiliki keahlian bersertifikat sesuai jurusan | 1. Sosialisasi dan Bimbingan Belajar Intensif SNMPTN dll | |
2. Menjalin Kerjasama dengan Lembaga Bimbel untuk Kelas 6 (XII) | |
3. Menginovasi dan Revitalisasi Struktur Kurikulum SMA | |
Siswa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi favorit (negeri dan swasta) minimal 70% lulusan | 4. Penguatan Program Asrama Takhassus Kitab Kuning | |
Keterpaduan antara Durusun Nahar dan Durusul Lail | 5. Ulangan Harian Berbasis UTBK | |
struktur kurikulum yang terpadu | 6. Uji Kompetensi Skill Bersertifikat (Sertifikat Pelatihan Akutansi untuk IPS, Toefl untuk Bahasa, dan IT Sains untuk MIPA) | |
Penilaian Siswa berbasis digital | | |
4 | Mengembangkan proses KBM yang melatih siswa berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan inovatif | Penerapan metode belajar yang variatif oleh guru | 1. Mengadakan Seminar daring tentang metode belajar yang variatif bekerja sama dengan tim ahli metode pembelajaran | |
2. Membuat video singkat mengenai metode pembelajaran guru di kelas kemudian mempublikasikannya | |
3. Membuat video siswa dan mempublikasikanya yang berisi: | |
a. orasi ilmiah siswa perjurusan | |
b. kultum | |
c. kreasi seni singkat lainnya | |
4. Membuat video singkat kultum guru sesuai dengan bidangnya lalu mempublikasikannya. | |
5. Pemanfaatan Dan Maksimalisasi E-Perpus | |
6. Literasi Guru Dan Santri Berbasis Karya Tulis; Bedah Buku, Seminar Jurnalistik, Satu Semester 1 Buku Untuk Guru Dan Santri | |
7. Mengadakan Seminar Kompetensi Guru dengan Pengawas atau Pakar Pendidikam | |
| |
5 | Menyiapkan SDM guru dan Staf yang profesional dan berakhlaqul karimah sesuai dengan tradisi pesantren | Kinerja staf yang baik dan unggul | 1. Membiayai pendaftaran guru dan staf dalam mengikuti pelatihan, workshop ataupun seminar | |
2. Memberikan reward dan mengadakan perlombaan guru dalam memperingati hari guru nasional | |
3. Mengadakan pengajian rutin bagi guru dan staf | |
4. Mengadakan workshop/pelatihan/seminar pertiga bulan | |
6 | Menyiapkan sarana dan prasaranan pembelajaran yang memadai dan modern | Terwujudnya kelas yang nyaman, bersih dan indah | 1. Mengganti meja guru di kantor | |
2. Mengganti meja kursi siswa dengan yang modern (single set) | |
3. Pelatihan kebersihan bagi staf kebersihan | |
4. Pengadaan alat-alat kebersihan dan wangi-wangian setiap kelas | |
5. Pengadaan lemari piala | |
Sarana pendukung yang lengkap dan memadai | 1. Membuat mini library | |
2. Membuat reading corner | |
3. Membuat searching corner | |
4. Pemasangan proyektor di setiap kelas | |
5. Pemasangan sound di setiap kelas | |
6. Pemasangan pinger print muka (jarak jauh) | |
7. Membeli peralatan video | |
8. Pengadaan peralatan bahasa di lab komputer | |
7 | Menyelenggarakan pengelolaan yang profesional dan teamwork yang solid dan kuat | Kualifikasi guru dan staf sesuai dengan tugas | 1. Memberikan kesempatan kepada guru dan staf untuk melanjutkan studi | |
2. Memfasilitasi kepropesionalan guru seperti buku penunjang, dan lain sebagainya | |
Disiplin kerja, komitmen yang kuat dan loyalitas yang tinggi kepada lembaga | 1. Membuat fakta integritas setiap tahun ajaran baru | |
2. Memasang ikrar guru dan 10 jid guru | |
3. Memberikan hadiah bagi guru yang ulang tahun | |
4. Membuat aturan tertulis kedisiplinan guru | |
Memiliki prestasi siswa, guru dan sekolah tingkat Kabupaten, provinsi, Regional, Nasional dan Internasional | 1. Membiayai guru, staf dan siswa dalam mengikuti perlombaan | |
2. Memberikan reward bagi guru yang membimbing perlombaan | |
3. Mempublikasikan setiap siswa, guru yang menjuarai perlombaan melalui medsos | |
4. Mempublikasikan setiap siswa, guru yang menjuarai perlombaan dengan memasang spanduk di tempat strategis | |
5. Menyimpan data, foto-foto tiap kegiatan pada google site Humas | |
6. Membuat spanduk informasi mengenai target QA SMA dan memajangnya di tempat strategis | |
Pembiayaan operasional dan personal yang terpenuhi dengan baik | 1. Membuat acuan pembiayaan di SMA Al-Muhajirin | |
2. Memberikan reward kepada wali kelas yang terbanyak santrinya membayar SPP perbulan | |
3. Wali kelas setiap tanggal 5 dan 15 mengingatkan orang tua untuk melakukan pembayaran SPP | |
4. Bendahara sekolah melakukan penagihan kepada orang tua yang belum melakukan pembayaran setiap akhir bulan | |