Kamis, 27-01-2022
  • Assalamu alaikum Selamat Datang di Website SMA Al Muhajirin Purwakarta dengan Visi : "Menjadi Sekolah Unggulan Berbasis Integrasi Ilmu di Tahun 2025".

Sertifikasi Guru Kitab Kuning Metode Mufham untuk kelas 12 SMA-MA AL-MUHAJIRIN KAMPUS PUSAT

Diterbitkan : - Kategori : Artikel / Berita

Al-Muhajirin siapkan kader ulama

Purwakarta-SMA-MA Al-Muhajirin siapkan pengkaderan ulama. Ulama identik dengan kyai, santri, dan kitab kuning. Dalam rangkaian kegiatan santri akhir tahun 2021-2022, Al-Muhajirin gelar sertifikasi guru kitab kuning metode mufham. Sertifikasi ini diikuti oleh seluruh santri kelas XII SMA-MA Al-Muhajirin, dan berlangsung pada 10-11 Desember dan 14-15 Desember 2021. Acara sertifikasi metode mufham diawali dengan hari pertama sebagai sosialisasi metode mufham yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMA-MA Al-Muhajirin, KH. R. Marpu Muhidin Ilyas,MA di Aula Ummi Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta.
“Metode mufham ini merupakan hasil refleksi belajar selama di pesantren dan bertujuan untuk memudahkan paham kitab kuning” dalam sambutannya. Pada pelaksanaannya, santri disiapkan untuk mampu mengajarkan kitab kuning dengan metode yang mudah. Setiap ruang disetting sebagai ruang microteaching, seorang santri diposisikan sebagai pengajar dan yang lainnya sebagai mustami’ (pendengar).
Santri yang mengikuti dan lulus sertifikasi metode mufham, berhak mendapatkan lisensi resmi sebagai pengajar kitab kuning metode mufham dari Yayasan Al-Muhajirin bekerja sama dengan LPMP yayasan Al-Muhajirin. Sebagaimana tujuan dari Al-Muhajirin adalah mencetak kader ulama, melalui sertifikasi ini santri Al-Muhajirin siap untuk terjun dan menebar ilmu di seluruh dunia.