Senin, 29-11-2021
  • Assalamu alaikum Selamat Datang di Website SMA Al Muhajirin Purwakarta dengan Visi : "Menjadi Sekolah Unggulan Berbasis Integrasi Ilmu di Tahun 2025".

Tumbuhan Penyambung Hidup

Diterbitkan : - Kategori : Artikel / Esai

Sebagai manusia yang hidup di planet bumi ini tentunya mengenal yang namanya tumbuhan. Tumbuhan sangat penting bagi kelestarian hidup di bumi karena tumbuhan bisa disebut penjaga bumi dari berbagai macam bencana alam. Tumbuhan adalah organisme eukariota (memiliki inti sel) multiseluler (sel yang lebih dari satu) yang tergolong ke dalam kerajaan Plantae. Di dalamnya terdiri atas beberapa perbedaan, yakni tanaman berbunga/gymnospermae dan tumbuhan berbiji terbuka, lycopodiopsida/paku-pakuan, lumut, serta sejumlah alga hijau.

Tumbuhan memiliki dinding sel kokoh yang mengandung selulosa. Hampir semua anggota tumbuhan bersifat autotrof (mampu memproduksi makanan sendiri) yaitu dengan cara mengubah energi cahaya matahari melalui proses yang disebut fotosintesis dalam organel sel bernama kloroplas. Fotosintesis adalah proses dari cahaya matahari bergabung dengan zat hijau menghasilkan glukosa dan O2.

Warna hijau yang dominan pada tumbuhan membuatnya memliki nama lain yaitu Viridiplantae/tumbuhan hijau (Metaphyta). Namun ada juga tumbuhan yang bersifat parasit dan beberapa sudah tidak memiliki kemampuan fotosintesis dengan sedikit atau bahkan tanpa klorofil. Tanaman juga bisa berkembang biak, kemampuan pertumbuhan, dan pergiliran keturunan.

Tercatat sekitar 350.000 spesies organisme termasuk di dalamnya, tidak termasuk alga hijau. Dari jumlah itu, 258.650 jenis merupakan tumbuhan berbunga dan 18.000 jenis tumbuhan lumut. Tumbuhan hijau menghasilkan hampir seluruh molekul oksigen di muka bumi ini dan merupakan bagian terpenting dalam sistem penyusun bumi.

Demikian, hal yang membedakan bumi dari planet lain adalah kemampuannya untuk menopang kehidupan. Tumbuhan dianggap sebagai sumber daya penting karena banyaknya cara mereka mendukung kehidupan di bumi. Mereka melepaskan oksigen ke atmosfer, menyerap karbondioksida, menyediakan habitat dan makanan bagi satwa liar dan manusia, dan mengatur siklus air. Sayangnya, kita cenderung melupakan pentingnya tanaman dan sering menganggapnya biasa. Anda mungkin berpikir bahwa tidak ada banyak tanaman dan pohon yang ada di sekitar kita setiap hari. Tetapi mereka penting untuk kehidupan dan kelangsungan hidup jangka panjang kita.

Ada 3 penyebab utama tumbuhan menjadi langka dan hampir punah. Penyebab pertama adalah habitatnya yang rusak. Sebagian besar tumbuhan itu tumbuh di hutan. Namun karena populasi manusia yang semakin banyak, hutan dialihfungsikan menjadi permukiman dan perkebunan bagi manusia. Penyebab kedua adanya eksploitasi yang berlebihan. Tumbuhan ini menyimpan banyak manfaat bagi manusia. Mulai dari bahan untuk membangun rumah dan perabotan, obat, hingga koleksi. Pengeksploitasian yang berlebihan tanpa penanaman kembali akan membuat tumbuhan berkurang. Pemanfaatan tumbuhan sebenarnya tak jadi masalah jika tumbuhan juga dibudidayakan.

Tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi manusia, sebagai sumber kehidupan bagi manusia dan hewan. Selain bermanfaat menghasilkan oksigen, tumbuhan juga mampu untuk menyejukkan udara. Hal tersebut disebabkan salah satu bagian tumbuhan dapat menyerap gas beracun yang mencemari udara Selain itu, tumbuhan terdapat bagian-bagian lain yang sangat bermanfaat, seperti buah, akar, atau batang yang bisa menjadi sumber makanan bagi makhluk hidup lain.

Tumbuhan merupakan makhluk Allah yang paling rajin bertasbih kepada Allah, seperti penjelasan dalam  Al-Qur’an surah Ar-Rahman Ayat 6 yang artinya, “Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan kedua-duanya tunduk kepada-Nya,” Bahwasannya dalam dalil di atas Allah SWT semua makhluk hidup bertasbih semata mata hanya kepada Allah SWT.

Akibat yang timbul kalau tidak ada tumbuhan misalnya udara semakin kotor, mengurangi curah hujan, menurunkan kualitas pangan, dan mengikisnya tanah. Singkatnya, jika tumbuhan tidak ada, alam akan rusak dan manusia tidak dapat bertahan hidup. Dengan demikian, Allah SWT menciptakan berbagai tumbuhan di darat maupun di laut, berbagai jenis dan manfaatnya itu sendiri. Kita sebagai manusia tentunya tinggal merawat akan adanya hal itu, dengan menjaga dan tidak merusak alam. Hal itu pun menjadi sebuah anugrah bagi seluruh manusia yang tinggal di bumi untuk menjaga kelestarian bumi dari bencana alam.

Su’ban Fauzi, SMA Al-Muhajirin
image ref from canva