Senin, 29-11-2021
  • Assalamu alaikum Selamat Datang di Website SMA Al Muhajirin Purwakarta dengan Visi : "Menjadi Sekolah Unggulan Berbasis Integrasi Ilmu di Tahun 2025".

Senyummu Makna Hidupmu

Diterbitkan : - Kategori : Artikel / Esai

Apa yang kalian rasakan ketika sedang berpapasan dengan seseorang yang berada dekat lingkungan kita dan orang itu tak menghiraukan adanya kita? Seperti berjalan lurus tanpa melirik atau kalau pun melirik hanya sekadar menatap saja tanpa ada sapa atau senyuman. Pasti yang kita rasakan adalah perasaan kesal dan sebal, sampai-sampai menggerutu dalam hati seperti berkata, sombong banget nih orang.

Peristiwa tersebut sudah sering dialami oleh setiap orang. Memang pemikiran orang berbeda-beda, ada yang suka mengabaikan dan ada juga yang peka terhadap orang sekitar. Dari cerita di atas sebuah senyuman dan sapaan sangat penting sekali untuk kita lakukan, karena ketika kita mengabaikan atau diabaikan itu berpengaruh terhadap pikiran dan perasaan negatif seseorang.

Namun, berbeda jika halnya ketika kita berpapasan dengan seseorang lalu kita diberikan atau memberikan sebuah sapaan dan senyuman pasti yang kita rasakan adalah perasaan hangat yang menggembirakan. Dengan hanya diberikan senyuman pun terkadang membuat diri kita merasa senang dan menilai positif terhadap orang yang melakukannya. Maka dari itu, sangat penting untuk memberikan sebuah sapaan dan senyuman.

Arti kata senyum tersendiri menurut saya adalah salah satu ekspresi yang dapat menyambut kebahagiaan, sedangkan menurut KBBI senyum mengandung arti yaitu sebuah gerak tawa ekspresif yang tidak menghasilkan suara untuk menunjukan rasa senang, gembira, dan sebagainya. Sangat mudah sekali untuk dilakukan, cukup menarik kedua ujung bibir terbentuklah senyuman indah yang dapat membahagiakan.

Dalam QS. An-Najm: 43 Allah Subhanahu wa ta’ala  berfirman,

وَاَنَّهٗ هُوَ اَضْحَكَ وَاَبْكٰى

“Dan sesungguhnya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis”. (QS. An-Najm: 43).

Setiap yang Allah ciptakan pasti mengandung manfaat tersendiri untuk kita sebagai makhluknya. Salah satunya adalah senyum, banyak sekali yang kita dapatkan dengan hanya memberikan senyuman. Tak hanya itu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga memerintahkan kepada kita untuk selalu tersenyum kepada sesama saudara. Sebagaimanaa dalam hadisnya beliau bersabda, “Senyummu di depan saudaramu, adalah sedekah bagimu”. (Sahih, H.R. Tirmidzi no 1956).

Disebutkan juga pada hadis lain bahwasannya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kalian tidak akan dapat meraih hati manusia dengan kekayaan kalian, tetapi kalian dapat meraih hati mereka dengan wajah yang berseri-seri dan akhlak yang baik.” (HR Al Bazar, Al Hafidz Ibnu Hajar berkata, “Sanadnya Hasan.”)

Di dalam agama sudah tertera jelas jika melakukan senyuman itu sangat dianjurkan. Sebagaimana pada hadis yang Rasulullah sampaikan di atas, bahwa apabila kita tersenyum kepada seseorang merupakan sedekah. Keutamaan dari bersedekah sangatlah banyak, salah satunya adalah pahala yang dilipat gandakan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala  sehingga dengan pahala itu dapat memberikan pertolongan kepada kita di akhirat kelak.

                Saat kita tersenyum juga kita dapat meraih hati orang di sekitar kita. Berdasarkan hadis yang disampaikan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas, yaitu kita dapat meraih hati seseorang dengan wajah yang berseri-seri. Karena itu juga senyum disebut memiliki sifat yang menular, sebab apabila kita tersenyum kepada orang lain maka pastinya orang yang kita senyumi akan membalas senyuman kita.

                Selain itu dengan hanya tersenyum pun dapat mencerminkan akhlak baik seseorang. Biasanya ketika kita sering tersenyum kepada orang lain, ia pasti akan memandang kita sebagai orang yang baik dan ramah. Maka dari itu, usahakanlah agar diri kita selalu mengamalkan sebuah senyuman karena biasanya orang yang mempunyai akhlak baik kita akan disenangi oleh orang sekitar kita.

Bukan hanya itu saja, dari sebuah senyum juga sangat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan diri kita, seorang dokter yang bernama dr. Muhammad Iqbal Ramadhan (2020) mengatakan bahwa terdapat banyak manfaat dari sebuah senyuman untuk diri kita, di antaranya adalah mampu meredakan stres, yaitu saat kita tersenyum tubuh kita dapat melepaskan hormon endorfin yang mampu mengurangi dan menyingkirkan hormon stres. Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, dari senyuman yang tulus kita bisa membantu sistem kekebalan tubuh kita agar berfungsi lebih efektif. Selanjutnya, senyum mampu meredakan rasa sakit, dengan tersenyum hormon endorfin akan bekerja untuk mengurangi rasa nyeri yang ada. Senyum juga bisa memperbaiki mood, saat kita sedang bersedih cobalah untuk tersenyum. Karena dengan tersenyum dapat mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Tersenyum dapat menurunkan tekanan darah, bagi yang mempunyai darah tinggi biasakanlah untuk tersenyum. Sebab apabila kita tersenyum kita dapat melembutkan hati dan meminimalisirkan amarah, sehingga tidak terjadi hipertensi. Manfaat lain tersenyum membuat kita terlihat awet muda, karena ketika kita tersenyum otot yang bekerja pada wajah hanya 13 otot, sedangkan kalau kita cemberut maka otot yang bekerja pada wajah adalah 72 otot. Memang benar perkataan “ jangan marah, nanti cepat tua”.

Manfaat yang selanjutnya, senyum menyehatkan paru-paru. Organ paru-paru akan mengembang dan terisi lebih banyak oleh oksigen ketika tersenyum. Dan kondisi ini membuat paru-paru kita lebih kaya akan oksigen, lebih bersih, dan juga sehat. Senyum bermanfaat juga untuk meningkatkan kreativitas dan kesabaran, seseorang yang sering tersenyum akan lebih mampu mengatasi masalah dan berpikir lebih kreatif. Manfaat senyum yang satu ini dapat terasa karena dopamin aktif bekerja. Terakhir, senyum bisa memelihara kesehatan mental, biasanya orang yang cenderung tersenyum mudah untuk menetralkan emosinya serta dapat mengimbangi atas seuatu yang terjadi. Itulah manfaat yang sangat luar biasa yang kita dapatkan dari sebuah senyuman. Tidak sulit untuk dilakukan, hanya menarik kedua ujung bibir kita dan terbentuklah senyuman cantik di wajah kita.

Dari pembahasan tentang senyum ini kita sudah mengetahi bahwa senyum itu sangatlah penting untuk kita lakukan. Selain terasa baik, cantik, dan sehat, senyum juga dapat menularkan perasaan bahagia terhadap orang sekitar. Tetapi jangan sampai kita senyum-senyum sendiri, nanti takut disangka sebagai orang yang kurang waras. Selalu juga lakukan 5S yaitu salam, sapa, senyum, sopan, dan santun. Manfaatnya adalah agar kita dapat membentuk akhlak yang baik untuk diri kita sebagai makhluk sosial.

Maka dari itu usahakanlah agar diri kita selalu mengamalkan sebuah senyuman. Utamanya karena Rasulullah SAW memerintahkan kepada kita untuk melakukannya,  juga senyum itu mengandung banyak manfaat untuk kehidupan kita, dari dunianya dapat dan dari akhiratnya pun dapat. Selain itu, dari sebuah senyuman juga dapat mencerminkan kita sebagai orang yang cantik dan baik akhlaknya, baik secara zahir maupun batin. So, keep smile.


Aghnaita Rahman Hakim, 12 IPA2
Image reff from : canva
Tag :