Senin, 29-11-2021
  • Assalamu alaikum Selamat Datang di Website SMA Al Muhajirin Purwakarta dengan Visi : "Menjadi Sekolah Unggulan Berbasis Integrasi Ilmu di Tahun 2025".

Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap Kegiatan Masyarakat

Diterbitkan : - Kategori : Esai

Semenjak akhir tahun 2019 dunia dihebohkan dengan penemuan virus baru yang berasal dari Hubei, China. Virus tersebut dikatakan cukup berbahaya dan penyebarannya cukup cepat. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) penyebaran Covid-19 yang berstatus sebagai “Kesehatan Masyarakat Darurat” pada 30 Januari 2020 lalu berlanjut menjadi “Pandemi” pada 11 Maret 2020. Pandemi sendiri merupakan penyebaran penyakit atau virus yang telah menyebar ke seluruh dunia sehingga mempengaruhi banyak orang.

Virus dapat menyebar melalui beberapa media, seperti udara, air, dan benda-benda yang berinteraksi dengan virus tersebut. Saat ini dunia sedang dilanda virus yang cukup berbahaya dan penyebarannya sangat cepat, yaitu Covid-19. Virus ini tidak hanya berhenti di daerah asalnya China, tetapi virus ini menyebar ke seluruh penjuru dunia sehingga disebut pandemi Covid-19. Tak terkecuali di Indonesia. Ihsanudin (2020) menjelaskan bahwa, Indonesia menjadi negara positif virus corona ketika warga Depok yang tertular oleh rekannya sendiri yang meurpakan warga negara Jepang. Warga Depok itu adalah seorang wanita yang berusia 31 tahun, tak lama kemudian menularkan kepada ibunya yang berusia 64 tahun. Semenjak kejadian itu, kasus tersebut menjadi gempar di seluruh Indonesia terutama Pulau Jawa.

                Semenjak pemberitahuan tentang kasus pertama Covid-19 menyebabkan pemerintah membuat tatanan baru bagi dunia pendidikan. Pada bulan Maret mulai diberlakukan study at home yang mana seluruh instansi pendidikan merumahkan siswanya agar mereka belajar melalui daring. Dengan diberlakukannya kegiatan tersebut maka dapat memutuskan mata rantai penyebaran virus ini.

                Mengenai hal itu sama saja seperti libur berkepanjangan. Berdasarkan hal yang saya alami sebagai seorang pelajar, pemberlakuan sekolah daring mulai mengalami pembaruan atau durasi sekolah daring. Dengan adanya hal tersebut tidak sedikit siswa yang merasa mengeluh.

                Setiap hal negatif pasti ada sisi positif di dalamnya. Termasuk masa pandemi Covid-19. Bencana virus ini berdampak pada kehidupan manusia secara global. Maka, tak sedikit juga kerugian yang didapatkan dari bencana ini. Tetapi kita harus melihat dengan jelas bahwa ada beberapa hal positif yang dapat dirasakan secara langsung dari pandemi ini.

                 Dengan mewabahnya virus ini menyebabkan pemerintah membuat aturan agar masyarakat stay at home. Hal ini menyebabkan orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah sehingga meningkatkan waktu untuk bercengkrama dengan keluarga. Selain hal tersebut, menurut Putra (2020) masyarakat Indonesia menjadi lebih melek terhadap pengelolaan keuangan semasa pandemi. Hal itu terjadi karena semasa pandemi sektor ekonomi ada yang berhenti dan ada juga yang mengalami penurunan pendapatan.

                Pandemi Covid-19 meupakan masa penyebaran virus yang meluas secara global ke penjuru dunia dalam waktu yang cepat. Indonesia mencatat kasus pertama pada awal bulan Maret 2020  kala itu salah satu warga Kota Depok berinteraksi pada warga Jepang di acara pesta dansa. Dengan adanya berita ini menyebabkan berbagai permasalahan yang muncul di kalangan masyarakat. Semakin hari pasien pengidap positif Corona terus bertambah sehingga pemerintah turun tangan untuk mengeluarkan peraturan untuk memutuskan rantai penyebaran virus Corona. Dari pernyataan pemerintah tersebut seperti menerapkan pembelajaran E-Learning, work from home, dan lain sebagainya. Pastinya kebijakan tersebut akan berdampak dari segi positif maupun negatif. Pada dasarnya, dampak yang dirasakan cendurung lebih negatif daripada positifnya. Tetapi kita harus pintar-pintar mengatur tata kehidupan agar dampak negatif dari Corona dapat disiasati.

Ditulis oleh Balya Maulana Malik
SMA Al-Muhajirin Purwakarta
Tag :

Post Terkait

Tumbuhan Penyambung Hidup

Selasa, 19 Okt 2021

Senyummu Makna Hidupmu

Jumat, 21 Mei 2021

Kenapa Kamu Berpikir?

Kamis, 15 Apr 2021

Pertanian di Era Modern

Jumat, 2 Apr 2021

Pandemi Obesitas

Jumat, 19 Mar 2021

Batu di Dasar Laut?

Kamis, 11 Feb 2021