Kamis, 28-10-2021
  • Assalamu alaikum Selamat Datang di Website SMA Al Muhajirin Purwakarta dengan Visi : "Menjadi Sekolah Unggulan Berbasis Integrasi Ilmu di Tahun 2025".

Manfaat Si Rumput Penghuni Laut – Part 2

Diterbitkan : - Kategori : Esai

Chlorophyta (jenis rumput laut hijau/alga hijau) tidak memiliki warna (pigmen) lain, sehingga ia hanya memiliki chlorophyl yaitu warna hijau. Ciri-ciri dari alga ini memiliki warna hijau, talus yang berbentuk lembaran, batangan yang memiliki tekstur lunak, keras, dan terdiri dari satu sel atau bersel banyak.

Selanjutnya, Phaeophyta (jenis rumput laut coklat/alga coklat) memiliki warna coklat atau bisa juga pirang, yang memiliki beragam bentuk. Pigmen Fucoxanthin ini yang membuat warnanya menjadi coklat. Ukuran dari rumput laut coklat bisa mencapai 3 kilometer sebagaimana penemuan di pantai barat Amerika Utara.

Jenis yang terakhir yaitu Chraysophyta atau rumput laut keemasan/alga keemasan.  Rumput laut ini berwarna keemasan karena mengandung pigmen keroten dan xantofil. Rumput laut ini juga dikelompokkan dalam tiga kelompok alga, pertama alga hijau kuning (xanthophyta), kedua keemasan (chrysophyta), ketiga kelas diatom (bacillariophyta).

Selain memiliki berbagai warna dan bentuk yang bisa membuat lautan Indonesia sangat indah, rumput laut juga kaya akan manfaatnya. Rumput Laut bisa dijadikan sebagai makanan, obat-obatan, penyaringan, bahan isolasi, bahan cat, pernis, dan masih sangat banyak manfaat rumput laut bagi populasi dalam laut maupun daratan. Makanan yang sering kita jumpai di pasaran ialah rumput laut yang dijadikan agar-agar di dalam sup buah, atau kripik rumput laut yang ada di minimarket ataupun supermarket.

Dalam QS. An-Nahl: 14 yang artinya, “Dan Dialah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan dari padanya daging yang segar, dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai, dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur.”

Berdasarkan ayat di atas, rumput laut bisa kita ambil manfatnya, yaitu bisa dimakan dan rasanya pun sangat enak. Kalimat “dan supaya kamu mengambil keuntungan dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur” pada ayat tersebut kita bisa mengambil hikmah bahwasanya rumput laut sangatlah banyak manfaatnya dan Allah memerintahkan kita dari manfaatnya itu untuk bersyukur atas yang telah Allah berikan kenikmatan serta manfaat dari rumput laut itu.

Menurut ilmuan Irwan Sapto Adhi (2020) Rumput laut selain lezat untuk dinikmati, rumput laut juga memiliki manfaat yang sangat besar dalam bidang kesehatan tubuh. Contoh manfaatnya ialah mencegah kanker, mencegah penuaan dini, mencegah penyakit gangguan pencernaan, membantu mempercepat penyembuhan luka, sebagai bahan diet, mencegah gejala osteoporosis, mencegah stroke, dan mencegah penurunan kecerdasan. Rumput laut mengandung nutrisi yang sangat bagus, di antaranya protein, lemak, serat, enzim, asam nukleat, asam amino, vitamin (A, B, C, D, K), makro mineral (nitrogen, oksigen, kalsium, selenium), dan mikro mineral (zat besi, magnesium, natrium).

Dari pembahasan di atas, rumput laut terbagi dua macam, ada yang bisa dijadikan bahan makanan, dan ada juga yang tidak bisa dijadikan bahan makanan. Dari rumput laut yang bisa dijadikan makanan, kita ketahui sangat lezat bagi yang menyukainya dan kaya akan manfaatnya.

Abdul Haris Qusaeri-SMAS Al Muhajirin
Image for : Canva