Senin, 29-11-2021
  • Assalamu alaikum Selamat Datang di Website SMA Al Muhajirin Purwakarta dengan Visi : "Menjadi Sekolah Unggulan Berbasis Integrasi Ilmu di Tahun 2025".

Wanita dan Tulang Rusuk

Diterbitkan : - Kategori : Artikel / Esai

Dalam keseharian tak jarang kita mendengar istilah “perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok”. Ada juga yang beranggapan bahwa ketika seorang laki-laki dan seorang perempuan berjodoh maka bisa dikatakan ia sudah menemukan tulang rusuknya yang hilang.

Secara umum, kita pasti sudah terbiasa dan sudah menerima tentang adanya istilah atau pernyataan tersebut, tapi apakah pernyataan itu benar? Apakah benar perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok? Lalu, apa keistimewahan tulang rusuk sehingga wanita diciptakan dari tulang tersebut? Dan apakah benar sebagian tulang rusuk manusia ada yang menghilang?

Di dalam hadis Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam yang diceritakan oleh Abu Hurairah dan diriwayatkan oleh Imam Muslim yang berbunyi,

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَإِذَا شَهِدَ أَمْرًا فَلْيَتَكَلَّمْ بِخَيْرٍ أَوْ لِيَسْكُتْ وَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ وَإِنَّ أَعْوَجَ شَىْءٍ فِي الضِّلَعِ أَعْلاَهُ إِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ خَيْرًا

Kepada yang percaya Allah Subhanahu wa ta’ala dan hari akhir, jika kamu menyaksikan sesuatu bicarakan yang baik tentang hal tersebut atau diam. Bersikap baiklah pada wanita, karena dia diciptakan dari tulang rusuk. Bagian tulang rusuk yang paling bengkok maka ada di atas. Jika kamu berusaha meluruskannya maka dia akan patah, dan bila dibiarkan maka bengkok tetap di sana. Sehingga bersikap baiklah pada wanita.” (HR Muslim).

Dalam hadis tersebut, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam telah menjelaskan secara tersirat tentang bagaimana perihal perempuan dan bagaimana cara memperlakukan mereka. Jadi janganlah langsung mengambil kesimpulan tentang apa yang dijelaskan dalam hadis tanpa mengetahui makna yang tersirat di dalamnya, seperti makna pada kalimat “tulang rusuk yang bengkok” di dalam hadis tersebut.

Sebelum kita mengupas lebih lanjut lagi tentang makna kalimat “tulang rusuk yang bengkok,” alangkah baiknya kita mengenali atau mengetahui terlebih dahulu tentang tulang rusuk menurut sains, seperti dalam segi struktur, fungsi, dan lain sebagainya. Menurut ilmu anatomi, tulang rusuk itu memiliki struktur dan fungsi yang berbeda dari pada tulang yang lainnya. Kebanyakan tulang manusia berbentuk lurus, sedangkan tulang rusuk ini benar-benar bengkok hingga memutari tubuh. Dengan bentuknya yang bengkoklah tulang rusuk bisa berfungsi dengan maksimal.

Fungsi utama dari tulang rusuk adalah untuk melindungi jantung, paru-paru, dan organ dalam lainnya yang berada di rongga dada. Selain itu, tulang rusuk juga berfungsi untuk membuat bentuk yang bagus pada bagian atas tubuh manusia. Meski diciptakan dan terpasang sambung-menyambung antara dada dan punggung, tulang rusuk tetap menyediakan ruang bagi paru-paru untuk mengembang dan mengempis secara maksimal ketika sedang menghirup dan mengeluarkan oksigen.

Berdasarkan strukturnya, tulang rusuk manusia yang normal terdiri dari 12 pasang tulang, sehingga totalnya menjadi 24 tulang rusuk. Tulang rusuk laki-laki dan perempuan berjumlah sama, jadi tulang rusuk laki-laki dan perempuan tidak ada yang berkurang sedikit pun apalagi “hilang” kemudian bertemu.

Jika kita memaksakan tulang rusuk untuk diluruskan, beresiko menimbulkan cedera dan patah sehingga tulang rusuk kehilangan fungsinya. Karena itulah, persoalan meyakini asal-usul perempuan diciptakan dari tulang rusuk menurut sebagian dari ulama digolongkan sebagai perkara ahwalul ghaib (tingkah-tingkah ghaib). Tetapi ada juga sebagian yang berpendapat bahwa kata dari “tulang rusuk” itu adalah kiasan yang menjelaskan kepada kita untuk bersikap bijaksana kepada perempuan. Dengan dasar hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang artinya, “Diriwayatkan dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu bahwa Rasulullah bersabda, ‘Berwasiatlah (dalam kebaikan) pada wanita, karena wanita diciptakan dari tulang rusuk, dan yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah pangkalnya. Jika kamu coba meluruskan tulang rusuk yang bengkok itu, maka dia bisa patah. Namun bila kamu biarkan maka dia akan tetap bengkok. Untuk itu nasihatilah para wanita’“. (HR. Bukhari dan Muslim)

Menurut Imam Nawawi seperti yang dukutip oleh Muhammad Al Ariefi, makna hadis di atas adalah suatu bentuk kiasan yang menjelaskan bahwa seorang laki-laki harus bisa membimbing dan menasihati perempuan dengan baik dan bijak, supaya perempuan tidak patah hati, patah semangat, dan juga patah harapan. Seorang laki-laki tidak boleh bersikap kasar terhadap perempuan sampai membuat ia merasa teraniaya. Ketika seorang laki-laki sedang menasihati atau memarahi si perempuan karena melakukan kesalahan, kemudian si laki-laki tersebut memarahinya dengan bersikap kasar atau membentak-bentak dengan kata-kata yang mungkin menyakiti si perempuan maka yang terjadi si perempuan itu bukannya menurut tetapi malah melawan atau ngelunjak.

Maka dari itu, mari kita amalkan hadis dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam tersebut. Jika kita ingin mendapatkan semua yang kamu inginkan dari perempuan (istri) dan juga manfaat darinya, maka amalkanlah hadis tersebut dengan cara menghindari sikap atau perilaku buruk terhadap perempuan tetapi berlemah lembut dan bersikap baiklah kepadanya, insyallah kamu akan mendapatkan apa yang kamu mau darinya.


Hilal Ghibran, 12 IPA1