Profil

Profil Sekolah Menengah Atas (SMA) Al-Muhajirin

SMA Al-Muhajirin adalah sekolah swasta terbesar di Purwakarta. Dengan visi Menjadi Sekolah Unggul Berbasis Integrasi Ilmu, pendidikan yang integral menjadi kekhasan. Berkat kepercayaan masyarakat yang terus meningkat, pada tahun 2013, SMA Al-Muhajirin dinobatkan sebagai The Most Trusted Favourite School of The Year oleh Indonesia Achievement.  

Kurikulum

SMA Al-Muhajirin menyiapkan lulusan yang mampu mengintegrasikan semua ilmu yang dipelajarinya dengan kebesaran Allah swt. Dengan kata lain, semua ilmu yang dipelajari harus mengantarkan siswa kepada ma’rifatullah. Maka mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Sosiologi, Ekonomi di SMA Al-Muhajirin memiliki nuansa yang berbeda. Sebagai integrator, para siswa mempelajari Kajian Tafsir ‘Ilmi (Tafsir Santifik) dan I’Jaz ‘Ilmi (Kemukjizatan Ilmiah).

Program Unggulan

1. Takhosus Kitab Kuning

Dengan program ini, dalam tiga tahun santri disiapkan menjadi kader ulama muda yang memiliki kemampuan membaca, menjelaskan dan mengkaji kitab kuning sebagai sumber-sumber ilmu-ilmu syara’

2. Takhosus Tahfidz

Program ini terbagi dua, yaitu Tahfidz Akselerasi dan Tahfidz Reguler. Dengan tahfidz akselerasi, santri ditargetkan hapal 30 Juz Al-Qur’an dalam 2 tahun plus penguasaan dasar-dasar ulumul Qur’an dan Tafsir. Sedangkan tahfidz regular wajib diikuti oleh semua santri dengan target minimal 2 juz Al-Qur’an.

3. Menulis Kreatif

Program ini melatih keterampilan santri dalam menulis sehingga bisa mengembangkan dakwah lewat tulisan. Setiap kelas ditargetkan menerbitkan 2 buku dalam 1 tahun. Sampai saat ini sudah terbit 8 buku karya siswa.

4. Integrasi Ilmu

Inilah ruh pembelajaran di SMA Al-Muhajirin.

5. Leadership

Santri dilatih menjadi pemimpin di masa depan dengan menjalankan program-program kepemimpinan di kamar, kelas, kegiatan ekskur, kepanitiaan, pelaksanaan ibadah dan latihan-latihan kepemimpinan

6. Character Building

Pembentukan karakter atau akhlakul karimah dilakukan dengan menciptakan atmosfer spiritual di sekolah melalui pembiasaan shalat berjamaah 5 waktu, dzikir dan wirid, dan puasa sunat.

7. Robotika

Santri dilatih untuk memiliki mindset Menciptakan Teknologi bukan sekadar Menikmati Teknologi. Setiap semester santri ditargetkan menghasilkan 1 produk robotik